,

Cara Memanaskan Mesin Mobil yang Benar

Service Daihatsu

 

Daihatsu Ciledug Cara-Memenaskan-Mesin-Mobil-dengan-Benar Cara Memanaskan Mesin Mobil yang Benar

Cara Memenaskan Mesin Mobil dengan Benar

Persiapan sebelum perjalanan kendaraan merupakan hal yang tidak dapat kita tinggalkan, apalagi jika perjalanan jauh. Hal kebiasaan rutin ini yang sering sekali kita jumpai bagi pemilik kendaraan disaat pertama kali menghidupkan mesin adalah “memanaskan mesin mobil”. Namun ada beberapa mitos atau pendapat dari teknisi baik bengkel maupun pabrikan bahwa memanaskan mesin mobil sudah tidak lagi diperlukan lagi untuk mobil keluaran model baru ini, terutama yang mengusung teknologi “Elektronik Fuel Injection” (EFI).

Perlu diketahui bahwa mesin mobil akan bekerja secara optimal disuhu ideal yang sudah ditetapkan oleh pabrikan. Tujuannya untuk memaksimalkan performa mesin. Cara memanaskan mesin mobil sangat mudah, yaitu dengan cara memutar menstater kunci kontak hingga mesin mobi hidup. Namun hanya menghidupkan mesin begitu saja apalagi dengan menekan gas sehingga Rpm naik tentu bukan hal yang dianjurkan. Karena dengan menekan pedal gas dan memanaskan mesin asal-asalan akan menyebabkan pemborosan bahan bakar dan bisa mempercepat usia pakai Catalytic Converter pada klanpot gas buang.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar kamu bisa memanakaskan mesin mobil dengan benar, sehingga mesin mobil dapat bekerja dengan optimal di suhu ideal.

  1. Durasi Memanaskan Mesin

Durasi waktu memanaskan mesin mobil sangat bervariasi tergantung teknologi mesin masing-masing mobil tergantung standar pabrikannya. Contoh nya jika mesin sudah mengusung teknologi Elektronic Fuel Ijection (EFI) maka pemanasan mesin cukup dengan waktu 30 detik hingga 1 menit saja. Bebeda dengan mesin yang masih mengusung sistem bahakan bakar konvensional Karburator, maka pemanasan mesin perlu waktu lebih lama.

Daihatsu Ciledug tips-memanaskan-mobil-yang-baik Cara Memanaskan Mesin Mobil yang Benar

tips memanaskan mobil yang baik

  1. Tidak Perlu Injak Pedal Gas

Dilarang menginjak pedal gas saat memanaskan mesin. Ini disebabkan karena sirkuasi oli mesin yang baru saja hidup belum bersirkulasi norml keseluruh komponen bagian dalam mesin.  Jika hal ini terjadi maka komponen mesin tadi yang belum terlumasi oli mesin akan terjadi kesekan dan menyebabkan keausan mesin.

  1. Jangan Langsung Menghidupkan Mesin

Saaat pertamakan kali menstarter dan menghidupkan mesindiusahakan posisi AC dalam keadaan mati (OFF). Menyalakan AC jika suhu mesisn sudah mencapai suhu normal. Jika menyalakan AC disaat kondisi suhu mesin belum normal maka ini hanya menjadi beban mesin menjadi berat karena kerja kopresor AC.

  1. Panaskan Mesin di Area Terbuka

Jika memanaskan mesin mobi didalam garasi, bukalah pintu garasi terlebih dahulu agar sirkulasi asap klnalpot lancar keluar. Asap knalpot yang dihasilkan mesin mengandung racun dan sangat berbahaya jika dihirup manusia.

  1. Perhatikan Rem Tangan

Selama memanaskan mesin mobil, pastikan rem tangan mobil aktif, ini bertujuan agar aman dan mobil tidak bergerak meluncur sendiri di jalan yang tidak rata.

Daihatsu Ciledug rem-parkir Cara Memanaskan Mesin Mobil yang Benar

rem parkir

 

Itu beberapa hal yang harus diperhatikan saat memanaskan mesin mobil agar usia pakai mesin mobil awet dan bekerja optimal.

www.astradaihatsuciledug.com

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *