,

PENGERTIAN & FUNGSI REM ABS EBD

Rem ABS EBD

 

Daihatsu Ciledug abs2 PENGERTIAN & FUNGSI REM ABS EBD

Rem ABS EBD

Fitur keselamatan dan keamanan kendaraan saat ini menjadi fitur yang wajib disematkan disetiap mobil modern saat ini, Tak terkecuali sistem Rem ABS dan EBD. ABS sendiri singkatan dari Anti Lock Breaking System yang berfungsi menjaga kendaraan agar tetap dapat dikendalikan saat pengereman dan jalan yang licin. Sehingga mengurangi resiko tabrakan dan kecelakaan. Sedangkan EBD sendiri singkatan dari Electronic Break Force Distribution yang bekerja membagi tekanan minyak rem ke setiap roda sesuai dengan beban dan kebutuhan setiap roda, sehingga dihasilkan pengereman yang optimal disetiap roda.

Daihatsu Ciledug abs3 PENGERTIAN & FUNGSI REM ABS EBD

Rem ABS EBD

CARA KERJA REM ABS EBD

Teknologi rem ABS EBD akan berperan dalam membantu pengguna saat pengereman mobil secara mendadak dan jalanan yang licin. Dengan system rem ABS maka roda tidak akan terkunci, sehingga meminimalisir slip pada roda mobil dan laju mobil bisa dikendalikan. Prinsip kerja rem ini seperti hal nya kita mengerem secara dikocok manual menghindari teknanan rem berlebihan dan roda terkunci, hanya pada rem ABS semua kinerja dikontrol secara elektronik oleh ECU Modul berdasarkan input masukan dari sensor-sensor. ECU menerima input masukan dari sensor ABS yang ada pada setiap roda dan sensor kecepatan, selanjutnya ECU dan Modul ABS akan mengirim perintah ke Pompa Rem ABS untuk melakukan koreksi tekanan minyak rem dengan jalan mengocok rem berkali-kali oleh pompa rem. Proses memompa rem ini berlangsung sangat cepat hingga beberapa kali per detik. Sehingga menghasilkan tekanan minyak rem ke roda yang jumlahnya sesuai kebutuhan roda dan terhindar dari slip roda.

Sedangkan EBD (Electronic Break Force Distribution) bekerja membagi jumlah tekanan minyak rem ke setiap roda sesuai beban dan kebutuhan roda. Saat pengereman jumlah tekanan rem disetiap roda akan berbeda, hal ini disebabkan karena adanya gaya gravitasi dan beban mobil. Untuk itu EBD berfungsi membagi tekanan minyak rem ke setiap roda sesuai kebutuhan roda. Sehingga terjadi pengereman yang optimal dan maksimal pada segala jenis permukaan jalan.

Daihatsu Ciledug abs4 PENGERTIAN & FUNGSI REM ABS EBD

Rem ABS EBD

KOMPONEN REM ABS EBD

Komponen rem ABS EBD terdiri dari 4 bagian kompnen, yaitu SENSOR ABS, KATUP PENGEREMAN, MODUL CONTROLER dan POMPA.

  • SENSOR ABS, alat terletak pada bagian roda yang berfungsi mendeteksi adanya gejala slip roda dan bekerja dikombinasikan dengan sensor kecepatan mobil.
  • KATUP PENGEREMAN berfungsi untuk mnegatur tekanan minyak rem yangakan diteruskan kesetiap roda.
  • MODUL CONTROLER juga disebut sebagai ECU ABS yang berperan sebagai otak pengatur kerja system ABS tesebut. Bekerja beradasarkan input informasi dari sensor ABS , Sensor Kecepatan dan sensor lainnya.
  • POMPA berfungsi memberi tekanan minyak rem yang bekerja seperti pengocokan minyak rem yang akan diteruskan ke setiap roda.

Adanya system pengeraman ABS EBD dirasa   mampu menjaga keamanan dan keselamatan bagi pengguna kendaraan. Teknologi tersebut memungkinkan mobil tidak mengalami slip atau roda terkunci saat pengereman mendadak atau jalanan licin.

Youtube https://www.youtube.com/c/FaqihFeb

Website https://astradaihatsuciledug.com/

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *