,

PENYEBAB MOBIL BOROS BENSIN

PENYEBAB MOBIL BOROS BENSIN

PENYEBAB MOBIL BOROS BENSIN

Setiap pemilik Mobil pasti menginginkan kendaraan kesayangannya hemat bahan bakar (BBM) dengan alasan efisiensi, apalagi dijaman modern seperti sekarang yang mengharuskan mobil memiliki standar  internasional (Euro 2,3,4 dan 5) dengan maksud agar kendaraan ramah lingkungan.

Ada 2 faktor terbesar yang menyebabkan konsumsi bahan bakar menjadi boros yaitu, faktor perilaku pengemudi itu sendiri atau memang terdapat masalah pada pada mobil itu sendiri.

Kali ini saya akan mengulas tips faktor yang harus diperkatikan pada mobil dan pengemudi mobil untuk mengindari konsumsi bahan bakar boros.

  1. Tekana Udara Ban

Ini merupakan perkejaan termudah, namun banyak pemilik mobil yang melupakannya. Pastikan tekanan udara setiap ban sesuai standar.

  1. Oli Mesin, Transmisi, dan Gardan

Perhatika usia pakai Oli Mesin, Oli Transmisi dan Oli Gardan sesuai standar penggantian. Pengunaan pelumas melebihi batas waktu akan menyebabkan kausan mesin.

  1. Filter Udara Kotor

Kotornya filter udara menyebabkan hambatnya saluran udara yang akan masuk ke ruang bakar, sehingga performance mesin loyo dan pengemudi cenderung menginjak pedal gas lebih dalam sehingga konsumsi bakan bakar boros.

  1. Adanya Kerak Karbon didalam ruang bakar

Adanya kerak karbon didalam ruang bakar menyebabkan pembakaran tidak sempurna (Knocking) sehingga tenaga mesin menurun dan komsumsi bahan bakar boros.

  1. Nozzle Injector tersumbat

Nozzle injector yang tersumbat menyebakan semprotan bahan bakar kedalam ruang bakar tidak sempurna, sehingga pembakar tidak sempurna, dan tenaga mesin berkurang serta konsumsi bahan bakar boros.

  1. Bearing Roda

Komponen ini meiliki ciri dengunagn saat kecepatan tinggi jika sudah aus. Bila kerusakan ini dibiarkan akan menyebabkan putaran roda tidak lancer dan konsumsi bahan bakar boros.

  1. Spooring dan Balancing

Spooring dan Balancing yang tidak tepat akan menyebabkan kausan ban dan konsumsi bahan bakar lebih boros karena beban mobil menjadi lebih berat.

  1. Kabel Busi Bocor
  2. Busi Rusak atau tipe Busi yang tidak sesuai

Celah busi yang sduah aus dan tipe busi yang tidak sesuai membuat pembakaran tidak terjadi dengan sempurna dan konsumsi bahan bakar boros sedangkan tenaga yang dihasilkan mesin berkurang.

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *