,

TIPS Memilih Velg untuk Memodifikasi Mobil yang Benar

TIPS Memilih Velg untuk Memodifikasi Mobil yang Benar

Memodifikasi mobil kesayangan merupakan hobi yang menyenangkan dan merupakan kepuasan tersendiri ketika hasil modifikasi sempurna, tentu nya tidak menghilangkan fungsi utama mobil. Biasanya hal paling sering terjadi modifikasi yaitu pada bagian velg ban mobil, karga velg bagian eksterior mobil yang dapat mempercantik tampilan mobil. Ada tips memilih velg mobil yang benar agar tidak menghilangkan kenyamanan dan keamanan mobil.

Pahami Istilah dari Velg Mobil

 

  1. Pitch Circle Diameter (PCD)

Secara singkat, PCD velg mobil merupakan jarak diameter antara baud roda yang berseragam pada velg, untuk mengetahuinya bisa dengan mengukur jarak diantara dua lubang baut yang bersebrangan dan diukur dengan satuan centimeter. Jangan pernah memaksakan velg yang berbeda dengan PCD mobil anda, seperti penggunaan plat untuk menyesuaikan lubang velg.

  1. Offset

Offset ditunjukan pada posisi penampang tengah velg dengan bibir velg. Hal ini bisa dilihat dengan angka ET 10, ET 25, ET 40 dan sebagainya. Semakin kecil angka penampang tengah, maka semakin dalam dan bibir velg menjadi lebar, dan semakin besar angka penampang, maka semakin tipis dan bibir velg menjadi masuk kedalam fender mobil.

Daihatsu Ciledug velg3 TIPS  Memilih Velg untuk Memodifikasi Mobil yang Benar

TIPS Memilih Velg untuk Memodifikasi Mobil yang Benar

Memahami Jenis-Jenis Velg Mobil

  1. Velg Cetak atau Casting

Velg jenis ini diproduksi dengan jumlah banyak atau masal. Kepadatan dalam velg tidak bisa diatur karena udara mudah tercampur saat bahan velg di cairkan. Keuntungan memilih velg casting adalah harga untuk velg ini lebih murah, produksi yang cepat dan desain yang bisa dibentuk sedemikian rupa.

  1. Velg Forged

Proses dalam pembuatan velg forged ini lebih kompleks dibandingkan dengan dua jenis velg lainnya. Proses dari bentuk bahan velg solid, lalu dipotong-potong menjadi velg utuh dan dikerjakan secara handmade sehingga velg jenis ini terbilang cukup mahal karena lebih sempurna.

  1. Velg FlowForm

Proses dalam pembuatan ini tidak dengan membuat velg langsung. Melainkan dengan membuat sebagian kecil dahulu. Kalau velg casting bisa langsung diproduksi dengan banyak. Velg tipe ini hanya sebesar ban motor, tapi menggunakan bahan tebal yang ditarik sampai menjadi velg. Velg flowform hampir seperti velg forged dan untuk harga masih ditengah-tengah.

 

Jadi, untuk mengetahui kualitas velg mobil bisa diuji dengan menggantung velg dengan karet dan memukul dengan obeng untuk mengetahui suara atau bunyinya. Jika velg yang kualitas baik memiliki bunyi yang halus dan bertahan lama.

Sedangkan velg yang memiliki kualitas kurang baik bisa dari material dan proses pembuannya memiliki bunyi keras dan singkat.

www.astradaihatsuciledug.com

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *